Melihat buku ‘Piece of Mind -Mengaktifkan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Tujuan’

Judul: Piece of Mind -Mengaktifkan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Tujuan,

Penulis: Sandy MacGregor,

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama,

Tebal: 241halaman.

 

Buku ini memberi gambaran lengkap mengenai bagaimana mendayagunakan kemampuan otak dan mengefektifkan berfungsinya alam abawah sadar untuk tujuan kita. Penulis dengan jelas menggambarkan langkah-langkah  dan teknik-teknik yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan itu.

Buku ini dimulai dengan pengalaman yang pernah dialami penulis bagaimana ia memahami kekuatan yang ada dalam dirinya, dimana anak penulis yang mengalami asma yang sulit disembuhkan namun setelah mendapat pertolongan dari dokter untuk melakukan relaksasi ketika ia mendapat asma dan hasilnya luar biasa, begitu juga ketika ia mendapat kecelakaan, rasa rileks yang dilakukan memberikan kekuatan yang luar biasa. Dengan kata lain dokter itu mengajari anaknya bagaimana cara menyembuhkan dirinya sendiri dengan pikirannya sendiri. Di dalam buku ini penulis membawa pembaca untuk keluar dari zona nyaman, melawannya dan memperluasnya untuk kita.

Penulis memulai menjelaskan dengan pengetahuan tentang otak kita, bagaimana cara kerjanya. Otak kiri adalah otak yang bekerja secara analitis. Namun dalam otak pikiran bawah sadarlah yang dianggap sebagai gudang menakjubkan, dimana letaknya di bawah memori namun ukurannya ribuan kali lebih besar. Maka cara kerja otak yang terbaik adalah memadukan antara otak kiri yang berpikir analitis dan otak kanan yang berpikir kreatif. Dimana pikiran bawah sadar adalah penghubung antara mental dan otak.

Atas hal diatas kita perlu mengetahui bagaimana kita bisa memahami dan memanfaatkan alam pikiran bawah sadar itu. Untuk memahami pikiran bawah sadar ada 4 gelombang otak yang dipahami, yaitu delta, theta, alfa, dan beta.

Yang pertama gelombang otak delta terdapat di mana kondisi kita sedang tidur tapi tidak bermimpi. Sedang gelombang otak theta adalah kondisi ketika kita dapat tidur dan bermimpi, otak menjadi sangat kreatif dan inspiratif. Biasanya pada keadaan ini terjadi apa yang disebut rapid eye movement (REM) yang terjadi ketika mata dalam keadaan tertutup. Yang ketiga gelombang alfa, dalam keadaan ini otak hanya dapat berpikir tentang satu hal saja. Keadaan alfa adalah keadaan yang rileks tanpa stress, sehingga orang mudah masuk ke dalam pikiran bawah sadar, bisa mengubah citra diri, bisa mengubah keadaan, bisa menetapkan tujuan. Juga belajar, membaca, dan bekerja. Keadaan alfa mudah terjadi ketika berkhayal atau melamun. Kemudian gelombang otak beta, yang dialami orang dewasa ketika sadar dan perhatiannya dapat terbagi. Pikiran beta dapat memikirkan bnyak hal secara serempak.

Untuk teknik-teknik dalam mendayagunakan otak ini Sandy sudah menjelaskan panjang lebar dan disertai teknik-tekniknya hingga latihannya secara praktis. Kembali pada soal otak kanan dan otak kiri tadi, salah satu cara yang diberikan Sandy adalah dengan membangkitkan sekaligus potensi otak kanan sekaligus otak kiri. Misalnya merekam informasi yang masuk ke pikiran bukan dalam tulisan tetapi dalam bentuk simbol hingga gambar-gambar yang berwarna-warni. Semata-mata untuk membangkitkan potensi otak kiri yang cenderung ananlitis sekaligus otak kanan yang kreatif.

Dan dengan memahami sekaligus mempraktekkan langkah-langkah teknik yang dijabarkan penulis dalam buku ini yang mudah dibaca dan dipahami, paling tidak pembaca akan mendapat sesuatu mengenai penataan dan pendayagunaan alam bawah sadar dan fungsi otaknya secara lebih baik dan seimbang harmonis.

About these ads

Satu Tanggapan

  1. [...] bawah sadar anakANDA ADALAH "KOMANDAN" PIKIRAN BAWAH SADAR ANDA…Pikiran bawah sadarMelihat buku ‘Piece of Mind -Mengaktifkan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Tujuan&#…var base_url_sociable = 'http://www.fajarnurzaman.com/wp-content/plugins/sociable/' sup { [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: